Banyak teman-temanku yang bertanya: “Kok ente bisa rajin banget ‘sih ngopi di Starbucks?” “Apa nggak boros banget tuh?” Ya, memang pada umumnya orang berpikir kalau ngopi di Starbucks itu tergolong ‘mahal’. Padahal menurutku ada banyak gerai kopi lain yang sebenarnya masih lebih mahal dari Starbucks. Meski begitu masih belum ada yang bisa menggeser pamor Starbucks, dan ngopi di Starbucks tetap membawa kesan dan pride tersendiri bagi penggemarnya yang kian banyak. Kali ini aku mau share tips rahasiaku sendiri untuk ngopi hemat di Starbucks.

7 Tips Rahasia Ngopi Hemat di Starbucks

tips ngopi hemat di starbucks

Sebelum panjang lebar tentang tips ngopi hemat di Starbucks ini, kalian yang mungkin selama ini sinis dengan para fanboy-nya Starbucks perlu tahu apa alasannya Starbucks begitu digemari. Jangan buru-buru membencinya karena menganggapnya overpriced atau terlalu jual merek.

Pertama, untuk urusan kopi—ya, Starbucks kan kedai kopi—kamu perlu tahu beberapa harga pasaran untuk kopi dengan kualitas racikan premium. Jangan bandingkan dengan kopi tubruk yang kamu pesan di warung bala-bala. Harga untuk minuman kopi turunan espresso biasanya sekitar IDR 30-40K untuk satu gelas ukuran +/- 200ml. Kalau kita bandingkan dengan Starbucks, justru harga kopi turunan espresso Starbucks yang berukuran Venti bisa lebih murah kalau diukur berdasarkan mililiternya.

Kedua, yang dibeli orang di Starbucks bukan cuma minumannya, tapi juga suasananya, lokasinya dan fasilitasnya. Makanya nggak heran kalau banyak orang (terutama para pekerja kreatif) yang nganggap Starbucks sebagai kantor keduanya. Hampir semua gerai Starbucks dilengkapi fasilitas Wi-Fi yang bagus, meja dan bangku yang nyaman, penerangan yang cozy dan salah satu favoritku, aroma kopi yang bisa merangsang otak jadi lebih aktif.

Nggak percaya? Kenapa nggak kamu coba buktikan sendiri? Nih, aku kasih beberapa tips rahasia ngopi hemat di Starbucks yang udah aku praktekkin sendiri:

tips ngopi hemat di starbucks
My fav Starbucks’ Tumbler
  1. Bawa Tumbler Starbucks-mu!

Bukan penggemar Starbucks namanya kalau masih belum punya tumbler unik yang tersohor dari Starbucks. Bukan hanya kamu membantu untuk mengurangi penggunaan wadah plastik, tapi kamu juga menghemat biaya kopimu. Ada diskon tetap yang bisa digabungkan dengan promo apapun untuk mereka yang membawa tumbler.

Selain diskon tetap ini, para pengguna tumbler juga akan mendapatkan diskon-diskon spesial seperti diskon 50% pada tanggal 22 setiap bulannya, dan diskon-diskon musiman lain seperti Tumbler Amnesty dan Starbucks Loyalty Rewards.

  1. Pakai Starbucks Card.

Sekali lagi, era digital sudah tiba, dan kamu harus siap untuk mengikutinya. Starbucks juga memiliki sistem pembayaran cashless yang digabungkan dengan program loyalty membership-nya. Artinya dengan memiliki dan menggunakan Starbucks Card, kamu akan mendapatkan benefit keanggotaan Starbucks. Kamu bisa mengumpulkan Star Rewards dari setiap pembelianmu yang nantinya bisa kamu tukarkan dengan minuman atau makanan GRATIS di gerai Starbucks.

tips ngopi hemat di starbucks

  1. Follow Official Account Starbucks

Starbucks sering sekali memberikan promo-promo menarik. Kamu bisa selalu update tentang promo ini dengan mengikuti Official Account Starbucks di twitter @sbuxindonesia atau di OA LINE Starbucks Indonesia. Banyak promo gila-gilaan juga di sini, seperti promo Beli 1 Gratis 1 dan Diskon 50%.

  1. Menu Rahasia, Ukuran Short.

Nah, ini dia, gimana caranya bisa tetap nongkrong di Starbucks pada saat tanggal tua, atau saat budget sudah menipis? Kamu bisa pesan ukuran Short. Ya, banyak orang hanya tahu ukuran Tall, Grande dan Venti. Padahal Starbucks punya satu ukuran lagi, yaitu Short (8fl. Oz atau sekitar 230ml atau seukuran gelas kopi standar di kafe-kafe lain). Harga ukuran Short jelas lebih murah, jadi jangan ragu dan memesannya di gerai Starbucks saat budget-mu sedang mepet tapi hasrat ngopi memuncak.

 

  1. Jangan Beli Air Mineral Botolan.

Banyak di antara kita suka minum air putih saat ngopi. Ini wajar saja, karena meski kita minum kopi, tapi tubuh kita memerlukan air biasa untuk tetap terhidrasi. Tapi, dari pada kamu membayar lebih untuk air mineral botolan (yang memang tersedia di kasir Starbucks), kamu bisa minta air putih biasa atau hangat (bahkan panas) pada baristanya langsung. Mereka akan dengan senang hati memberikanmu segelas besar air putih, GRATIS!

tips ngopi hemat di starbucks

  1. Racik Sendiri Caffe Americano

Setelah kamu tahu bahwa kamu bisa minta air putih/air hangat gratis, tentunya kamu akan kepikiran soal ini bukan? Ya, ini bisa dilakukan di Starbucks. Karena Caffe Americano adalah minuman turunan Espresso yang mudah untuk kamu racik sendiri. Pertama, kamu hanya perlu membeli single shot Espresso (double shot juga boleh kalau mau lebih kuat rasanya), kemudian kamu minta setengah gelas air putih hangat/panas (tergantung selera). Lalu, kamu tinggal menuangkan Espresso ke dalam air putih hangat tadi. Ta-da! Jadilah Caffe Americano. Tinggal dandani sesuai seleramu. Bubuk cinnamon dan brown sugar bisa menjadi additive yang menarik.

tips ngopi hemat di starbucks

  1. B217AN (Berdua Satu Tujuan)

Biasanya kita nggak ngopi sendirian kan? Kecuali kalau memang lagi ingin sendirian (baca: galau). Nah, biasanya orang-orang ngopi dengan dengan orang terdekatnya, bisa teman atau pacar atau isteri atau… selingkuhan juga boleh, hehe. Kalau selera kalian sama, kalian bisa menggunakan trik B217AN ini. Caranya, order (1 gelas saja) minuman yang kalian suka dengan ukuran Venti. Lalu minta satu cup kosong ukuran Tall ke baristanya. Bagi dua deh minumannya. FYI, satu gelas ukuran Venti itu isinya hampir dua kali lipat gelas ukuran Tall. Jadi, berdua satu tujuan pasti lebih hemat kan!

Nah itulah beberapa tips rahasia untuk ngopi hemat di Starbucks. Masih mikir Starbucks mahal? Coba dulu, baru tahu. (Disclaimer: Kalau kecanduan, jangan salahkan saya, hehehe). Jadi, kapan kita ngopi bareng?