Kamu punya setumpuk tugas yang harus dikerjakan dan puluhan bahkan ratusan target yang harus dicapai. Kamu tahu seharusnya kamu segera mengerjakannya, tapi anehnya kamu justru merasa nggak pengin ngapa-ngapain! Bukannya kamu nggak tahu kalau tumpukan kerjaan itu nggak akan terselesaikan dengan sendirinya, tapi memang kamu udah keburu kehilangan semangatmu, matamu rasanya udah tinggal 5 watt aja. Pernah ngalamin beginian? Kamu nggak sendirian kok, yuk kita bahas soal cara menghilangkan rasa malas ini.

Pertama-tama, hampir semua orang pernah mengalami hal-hal seperti ini. Aku juga. Terkadang kita merasa mual dan pengin muntah membayangkan semua kerjaan yang menumpuk itu, terkadang kita jadi bad mood, terkadang kita jadi hanya… pasrah.

Hangin’ there!

Dalam situasi seperti ini pilihan kita memang hanya dua. Menyerah kepada rasa malas itu sendiri lalu duduk-duduk pasrah menantikan deadline mencabut nyawa kita, atau kita bisa mencari cara menghilangkan rasa malas dan memotivasi diri kita untuk kembali produktif. Bila kamu sepakat dengan poin ke dua, maka kamu sudah tiba di tempat yang tepat.

Cara Menghilangkan Rasa Malas Dengan 5 Langkah Ampuh

Cara Menghilangkan Rasa Malas

1. Mutilasi proyekmu.

Proyek atau tugas yang besar cenderung mengintimidasi dan membuatmu merasa kewalahan, terutama saat kamu sedang asyik-asyiknya mengikuti serial baru di Netflix. Kamu keburu parno membayangkan proyek raksasa itu akan memakan seluruh waktumu yang berharga dengan lembur dan lembur sehingga kamu nggak bakal bisa menonton serial kesayanaganmu itu. Kamu pun sibuk mencubiti pipimu untuk meyakinkan bahwa semua itu hanya mimpi.

Wake up! Semua itu hanya buah pikiranmu yang terlalu paranoid. Proyek besar itu hanya perlu kamu mutilasi, potong-potong, bagi-bagi ke dalam tugas-tugas kecil yang bisa dikerjakan dalam 3-4 jam. Buka worksheet excel-mu, breakdown proyeknya, jadwalkan bagian mana yang perlu kamu kerjakan setiap harinya sampai ke hari deadline. Dengan melihat proyek itu sebagai tugas-tugas yang bisa diselesaikan dalam hitungan jam setiap harinya, kamu akan melihat harapan bahwa kamu punya waktu untuk nonton serial kesayanganmu itu!

2. Gerakkan badanmu, cuy!

Terkadang kamu itu jadi malas karena… ya karena kamu malas untuk bergerak! Kurang berolahraga atau beraktivitas fisik tentu saja akan membuatmu menjadi pemalas secara alami. Bangun, lawan rasa enggan itu, coba olahraga rutin seperti jogging keliling kompleks rumah, naik turun tangga, skipping, pokoknya olahraga kardio yang bisa meningkatkan sirkulasi darahmu. Dengan lancarnya peredaran darah rasa malas dan engganmu akan berkurang!

3. Fokus pada satu tugas dalam satu waktu

Kamu merasa kewalahan karena kamu memikirkan seluruh tugas-tugas itu sekaligus, inilah yang menimbulkan perasaan malas itu. Pola pikir seperti ini telah banyak merusak semangat seseorang dan menimbulkan perasaan tertekan. Makanya, jangan terlalu merasa jadi superhero, jangan multi-tasking atau multi-thinking, yang ada kamu bakalan overthinking sehingga overload bisa-bisa jadi overdosis. Ups!

Salah satu cara menghilangkan rasa malas adalah dengan fokus pada satu tugas dalam satu waktu. Pilihlah satu tugas utama yang paling prioritas untuk kamu fokuskan terlebih dahulu. Gabungkan dengan taktik mutilasi di poin pertama, lalu fokuskan semua energimu sampai tugas yang paling prioritas itu selesai.

Setelah itu barulah kamu kembali ke tumpukan tugas-tugas tadi dan kembali memilih yang paling prioritas di antara sisanya. Biasanya, begitu kamu menyelesaikan yang paling prioritas, kamu akan merasa sisanya sangat enteng untuk dikerjakan. Karena sebenarnya, yang berat itu adalah langkah pertama.

4. Istirahat yang cukup untuk mengisi kembali tenaga dan semangatmu

Memaksakan diri bukanlah pilihan yang bijaksana. Terkadang salah satu cara yang ampuh untuk mengembalikan semangat kita adalah dengan langsung beristirahat (break) begitu kita merasa lelah dan kehilangan motivasi. Kita bisa memulihkan energi dan semangat kita dengan beristirahat dan/atau melakukan hal-hal yang menyenangkan dan membangkitkan semangat kita.

Mengerjakan sesuatu yang menjadi minat dan hobby kita juga bisa menjadi salah satu cara efektif untuk memberikan kita mood yang baik. Intinya, tubuh dan pikiran kita harus di-charge agar bisa kembali bekerja dengan maksimal. Taktik seperti ini cukup populer dan efektif sebagai salah satu cara menghilangkan rasa malas saat mengerjakan tugas-tugas yang kurang kita sukai.

5. Beri dirimu Reward!

Penelitian membuktikan bahwa orang-orang cenderung lebih mau mengerjakan sesuatu apabila mereka ditawarkan imbalan/reward untuk menyelesaikannya. Karena itu, penting juga untuk kamu memberi reward atau imbalan untuk dirimu sendiri apabila kamu berhasil mncapai target-target yang sudah kamu tentukan.

Kamu bisa menghadiahi dirimu dengan makanan favoritmu, bermain game lebih lama, atau bahkan satu sesi relaksasi di spa saat seluruh proyekmu sudah berhasil kamu selesaikan. Sesuaikan besar kecilnya reward yang kamu janjikan untuk dirimu dengan tugas-tugas yang hendak kamu kerjakan. Pastikan reward yang kamu tentukan itu sebanding, jangan sampai hanya untuk tugas yang 3-4 jam kamu berikan dirimu reward main DotA selama 4 jam juga. Sama saja bohong!

Oke, jadi itulah 5 cara menghilangkan rasa malas yang bisa kamu terapkan saat kamu menghadapi kondisi-kondisi yang mengancam produktivitasmu. Ingat, tugas yang besar itu sebenarnya hanya sekumpulan tugas-tugas kecil yang perlu kamu mutilasi untuk disate dan dimakan dengan bumbu saus kacang.