Beberapa hari yang lalu seorang teman menunjukkan padaku sebuah gambar. Gambar tersebut adalah sebuah sketsa yang digambar oleh seorang seniman kreatif. Katanya, gambar tersebut sangat unik sehingga bisa menguji tingkat imajinatif dan kreativitas seseorang. Hanya 1 dari 100 orang yang bisa menebak gambar ini.

Tentu saja aku heran dan penasaran dengan gambar itu. Jadi dia mengirimkan link-nya untukku.

Tebak Gambar Kreatif

Inilah gambar itu.

 

Coba ambil waktu sejenak dan perhatikan baik-baik gambar tersebut. Bisakah kamu memahami gambar tersebut?

Gambar apakah itu?

 

Apa? Udang hitam?

BUKAN!

 

Tikus mati?

Juga bukan!

 

Eits…

Jangan buru-buru scroll ke bawah!

 

Pikirkan dulu, atau minimal tebaklah gambar apa itu.

Perhatikan sekali lagi:

Tebak Gambar Kreatif

Sudah tahu gambar apa?

Kalau masih belum tahu juga, aku kasih sedikit contekan:

Cobalah tutup dengan telapak tangan atau buku atau apapun pada bagian gambar yang lebih gelap.

 

Bagaimana?

Sudah ketemu?

 

Masih belum juga?

Kalau begitu aku akan membuka rahasia gambar ini.

Dan… kalau kamu tadi memang masih belum bisa memahami gambar tersebut, maka ini bisa menjadi sesuatu yang mengagetkanmu! Yes, it’s gonna surprise you!

 

Sebelumnya, pastikan dirimu memang sudah menyerah dan belum mau mencoba mencari tahu lagi sebelum melihat gambar di bawah ini. Karena gambar di bawah ini akan langsung membuka rahasia gambar di atas.

 

Are you ready?

 

Here it is:

 

Tebak Gambar Kreatif

Ternyata itu adalah gambar seorang pria yang memakai topi koboi!

Sejujurnya aku sendiri tidak bisa menebak gambar itu sebelum temanku menyuruhku untuk menutup bagian yang gelapnya. Gambar ini mengejutkan! Karena tadinya aku benar-benar tidak melihat apapun. Abstrak! Namun setelah aku mengenali figur itu dan melihat gambar seutuhnya, gambar itu tidak lagi terlihat misterius!

Abstrak!

Kreativitas adalah sebuah proses yang abstrak, terkadang datang dengan tiba-tiba, seperti sebuah inspirasi yang sekonyong-konyong muncul entah dari mana. Kreativitas sering dianggap sebagai sebuah essence yang magis, bahkan para pemikir-pemikir Yunani kuno menganggap inspirasi itu datang dari dewa-dewi yang menjadi muse bagi sang artis.

Namun saat ini magis telah menjelma sains. Ilmuwan telah mengungkap bahwa kreativitas terletak pada perbedaan proses analisa yang terjadi pada otak setiap orang, yang pasti berbeda-beda menurut kemampuan dan pengalaman kognitif individunya.

Orang-orang dengan kreativitas tinggi adalah mereka yang telah terpapar (exposed) pada kreativitas-kreativatas dari orang-orang sebelumnya. Sehingga mereka telah menerima lebih banyak input tentang bentuk, rupa, gambaran atau ragam asosiasi apapun yang memungkinkan mereka lebih mudah dan fluid dalam men-decode sesuatu. Kemampuan mereka menerjemahkan suatu bentuk abstrak tentu akan berbeda dengan orang awam.

Jangan bingung!

Aku tahu kamu mulai mengernyitkan dahimu, tapi itu tidak akan membantumu memahami.

Begini. Setelah kamu melihat bocoran dari gambar di atas, lalu kamu melihat gambar pertama, kamu pasti langsung bisa melihat si pria bertopi koboi itu tanpa susah-susah menebaknya kan?

Coba, kamu tunjukkan gambar tersebut pada temanmu yang lain (yang belum pernah melihatnya). Besar kemungkinan dia tidak tahu itu gambar apa.

Nah, pada titik ini kamu lebih kreatif dari dia. Karena kamu telah terekspos pada pengalaman memecahkan gambar abstrak ini sebelumnya. Otakmu telah merekam bentuk abstrak ini, menerjemahkan fitur-fiturnya, men-decode sinyal-sinyal yang tadinya abstrak menjadi sebuah pesan yang konkrit.

Baca juga > Ternyata Tidur Siang Bisa Membuatmu Lebih Kreatif

Kreativitas mendorong kita untuk berpikir lebih luas dan terbuka pada setiap kemungkinan-kemungkinan yang belum kita jelajahi, Membuka diri kepada hal-hal baru, kepada sudut pandang yang baru. Seperti kata alm. Om Steve Jobs, Stay Hungry, Stay Foolish!