Cara Membeli Bitcoin (BTC) dengan Rupiah (IDR) di Indodax

Kamu mau membeli Bitcoin dengan Rupiah? Saat ini Bitcoin merupakan salah satu pilihan utama untuk pembayaran transaksi digital. Ada banyak pilihan vendor yang menawarkan cara untuk membeli Bitcoin dengan mata uang Rupiah, di antaranya adalah Indodax, Luno dan Triv. Kali ini kita akan membahas cara membeli Bitcoin dengan Rupiah di Indodax.

Indodax

Indonesia Digital Asset Exchange atau yang lebih dikenal dengan Indodax, merupakan salah satu exchange pionir dan paling populer di Indonesia dan Asia Tenggara. Indodax dulu dikenal juga dengan nama VIP Bitcoin.co.id.

Indodax menyediakan banyak pilihan perdagangan aset digital dengan ‘pair’ Rupiah (IDR) dan Bitcoin (BTC). Namun, kali ini kita akan membahas mengenai langkah-langkah membeli BTC di Indodax.

Baca juga > “Apa itu Bitcoin?”

Register akun di Indodax

Pertama-tama, kamu perlu memiliki akun untuk bisa bertransaksi di Indodax. Silahkan kunjungi Indodax untuk mendaftar di sini.

Halaman pendaftaran akun di Indodax

Silahkan mendaftar dengan mengisi data-data pribadi kamu. Lalu klik ‘Lanjutkan Pendaftaran’, anda akan diminta untuk melakukan verifikasi nomor HP dan memasang Google Authenticator (opsional).

Setelah itu, verifikasi email anda. Silahkan buka inbox email yang anda daftarkan, di sana anda akan menemukan email yang baru saja dikirimkan oleh Indodax, buka dan klik link untuk verifikasi.

Setelah verifikasi selesai, anda bisa kembali ke halaman Indodax tadi untuk login. Setelah login, pada menu di sebelah kiri (atau dari drop down menu, bila menggunakan ponsel) anda akan menemukan menu ‘Verifikasi Identitas’. Di sana anda akan di minta untuk verifikasi identitas dengan meng-upload foto dan kartu identitas. Tidak lama kemudian, apabila anda telah melakukan verifikasi dengan benar, maka anda sudah bisa bertransaksi menggunakan Rupiah di Indodax.

Deposit Rupiah (IDR) di Indodax

Setelah proses verifikasi selesai, anda bisa mendepositkan Rupiah ke akun Indodax anda. Caranya, dari menu awal (Beli / Jual Bitcoin Instan), pada kotak hijau di kanan atas, klik Setor/Tarik Rupiah.

Lalu akan ada peringatan tentang peraturan sumber dana, baca dan pahami, lalu lanjutkan ke langkah berikutnya untuk menginput jumlah deposit yang anda inginkan dan cara transfernya. Saya merekomendasikan penggunaan Virtual Account (VA) yang menurut pengalaman saya cukup mudah dan cepat prosesnya.

Membeli Bitcoin (BTC) dengan Rupiah (IDR)

Setelah deposit Rupiah berhasil, kamu sudah siap untuk membeli Bitcoin (BTC). Ada dua metode untuk membeli Bitcoin di Indodax. Cara yang pertama melalui menu Jual / Beli instan, cara yang kedua melalui menu market place (metode Limit Order).

Deposit Indodax
Menu Jual/Beli Bitcoin Instan

Kali ini kita ingin menunjukkan cara membeli Bitcoin yang paling praktis dan umum digunakan orang, yaitu membeli dari menu Jual/Beli Bitcoin Instan.

Pada menu Jual/Beli Bitcoin Instan, kamu akan menemukan menu Beli Bitcoin pada kotak sebelah kiri bawah. Masukkan jumlah Rupiah yang hendak kamu belanjakan ke Bitcoin. Lalu klik ‘Lanjutkan’.

Setelah itu kamu akan diperlihatkan estimasi harga dan biaya pembelian, di bawahnya kamu akan melihat estimasi nominal BTC yang akan kamu terima.

Bila kamu berubah pikiran dan ingin mengubah jumlah Rupiah untuk menyesuaikan jumlah BTC yang hendak kamu terima, silakan klik ‘Kembali’.

Bila kamu sudah yakin, maka klik lanjutkan, dan kamu akan tiba di dialog akhir untuk menyelesaikan transaksi. Bitcoin (BTC) akan segera masuk ke saldo aset mu.

Pengiriman Bitcoin (BTC) ke akun Indodax-mu merupakan pengkreditan semu, bukan transfer langsung pada Blockchain. Ketika kamu hendak memindahkan Bitcoin milikmu ke wallet khusus, barulah proses transfer sesungguhnya terjadi. Tapi itu cerita yang berbeda lagi, akan aku jelaskan di artikel selanjutnya.

Selamat! Kamu telah berhasil membeli Bitcoin (BTC) dengan menggunakan Rupiah (IDR).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

17 − 4 =