Cara membuat akun HIVE (dulu STEEM)

Hive Blockchain adalah sebuah fork atau percabangan dari Steem Blockchain pasca drama perpindahan kepemilikan platform Steemit ke Justin Sun. Namun, kita di sini tidak perlu membahas drama itu, let’s stay positive and productive! Kita akan membahas cara membuat akun HIVE Blockchain untuk kalian bisa bermedia sosial, blogging, bertransaksi dan bermain game!

Sekilas Tentang HIVE

Hive Blockchain adalah sebuah jejaring blockchain yang menjadikan Content sebagai bahan bakarnya, di mana para penggunanya akan menghasilkan (menambang/mining) uang digital crypto (cryptocurrency) hanya dengan melakukan kegiatan yang biasa kita lakukan di media sosial: berbagi (sharing) dan berinteraksi (Likes, Upvote, dll).

Kamu bisa mempelajari lebih dalam tentang HIVE Blockchain di sini.

Beberapa Cara Membuat Akun HIVE

hive registration options

Bila kamu ingin membuat akun HIVE langsung dari situs utama HIVE Blockchain, maka kamu akan dihadapkan dengan banyak opsi/pilihan cara membuat akun HIVE.

Kamu mungkin heran, kenapa ada yang berbayar, kenapa ada yang gratis. Apa bedanya ya?

Kalau kamu perhatikan, semua yang berbayar itu tidak membutuhkan Verifikasi (No Verification). Artinya, kamu bisa membuat akun secara anonim. Fitur ini sangat krusial apabila kamu ingin menggunakan HIVE untuk membagikan informasi yang sensitif.

Namun, aku percaya kebanyakan dari kita bukan tipe itu, jadi kali ini aku akan berikan langkah-langkah membuat akun HIVE dengan metode yang GRATIS.

Langkah-langkah membuat akun HIVE

Pertama, klik di sini. Sebuah halaman baru akan terbuka, halaman ini adalah platform HIVEonboard.

hiveonboard landing

Platform ini dibangun demi memudahkan orang-orang untuk ‘onboarding‘ atau ‘naik ke platform’ HIVE blockchain (seakan-akan HIVE adalah sebuah kapal atau pesawat). Karena setelah kalian mulai mengenal dunia blockchain, aku berani bertaruh kalian tidak akan sama lagi memandang internet dan media sosial!

Lanjut, silakan klik di bagian Create Account. Kalian akan dibawa ke halaman pembuatan akun HIVE.

hiveonboard register

Membuat Username di HIVE Blockchain

Masukkan Username atau Nama Pengguna yang ingin kalian pakai sebagai identitas kalian di HIVE blockchain. Ingat ya, username ini tidak bisa diubah, dan akan menjadi identitas kalian di seluruh ekosistem HIVE blockchain (media sosial, messenger, video sharing, blog, game dll.)

Note: Apabila Username unavailable (tidak tersedia) itu artinya username itu sudah dipakai orang lain, kalian harus memilih yang berbeda.

Centang persetujuan ToS dan klik Continue untuk melanjutkan.

membuat akun HIVE

Backup Private Keys dan Password akun HIVE

Selanjutnya kalian akan tiba di bagian PALING PENTING dari proses pembuatan akun HIVE blockchain, yaitu BACKUP PRIVATE KEYS!

Klik tombol Download Backup, kamu akan mulai mengunduh file .txt yang berisi data-data penting akunmu seperti username, password dan Private Keys.

backup HIVE Private Key

HIVE Blockchain memiliki system Private Keys yang unik, alih-alih menggunakan 1 master Private Key, HIVE Blockchain menyediakan 4 Private Keys, yaitu: Posting Key, Memo Key, Active Key dan Owner Key. Tidak cukup hanya Private Keys, HIVE Blockchain juga menyediakan Password.

Setiap Private Keys ini memiliki tingkatan wewenangnya, Memo Key untuk membaca dan mengirim pesan terinkripsi, Posting Key untuk kegiatan media sosial (Post, Upvote, Comments, Vote dll.), Active Key untuk seluruh fungsi Memo dan Posting ditambah kemampuan transaksi finansial (Transfer, Power-up/down, dan Tokens), Owner Key memiliki semua wewenang penuh ditambah kemampuan Reset/Generate Private Keys dan Password baru.

Apa bedanya Private Keys dengan Password?

HIVE Blockchain memiliki pendekatan yang unik ke orang-orang awam, menyimpan Private Keys yang banyak dan panjang rasanya merepotkan. Jadi disediakan 1 Password yang bisa dipakai untuk semua wewenang kecuali Generate Private Keys baru.

Saranku, kalau anda berencana memiliki aset digital yang cukup banyak di HIVE blockchain, hati-hati menggunakan Password anda. Bila memungkinkan lebih baik pakai ekstensi HIVE keychain atau sign in melalui HIVEsigner. Di lain waktu aku akan membuat artikel tentang ekstensi ini.

Kalian harus sangat berhati-hati dengan Private Keys ini, jangan menaruhnya sembarangan, simpanlah ditempat yang aman dan usahakan memiliki setidaknya 2 backup di tempat berbeda. Jadi apabila, kalian lupa password, atau akun kalian compromised, kalian bisa menggunakan Owner Key untuk Reset/Generate Private Keys dan Password baru.

WARNING: Tidak ada istilah Forgot Password di dunia Blockchain. Kalian bertanggung jawab penuh untuk menyimpan dan menjaga Password dan Private Key masing-masing.

DISCLAIMER: Apabila kalian melanjutkan ke langkah selanjutnya, saya anggap kalian sudah menyimpan (BACKUP) dengan baik Private Keys kalian. Saya tidak bertanggungjawab untuk segala jenis kerugian yang ditimbulkan akibat kehilangan Private Keys ini. You’ve been WARNED!

Verifikasi Akun HIVE Blockchain

verifikasi buat akun HIVE

Setelah kalian klik tombol Download Backup, barulah tombol Create HIVE Account akan aktif. Klik tombol yang berwarna merah itu, kalian akan melihat sebuah kotak dialog untuk langkah-langkah verifikasi Akun HIVE menggunakan SMS verifikasi.

Masukkan nomor Handphone kalian, jangan lupa ubah kode negaranya sesuai nomor Handphone yang kalian gunakan, lalu klik Request SMS.

Kotak dialog akan berubah untuk menerima kode verifikasi, periksa Handphone kalian dan masukkan nomor verifikasinya lalu klik Verifikasi.

sukses buat akun HIVE

Selamat Datang di HIVE Blockchain, comrade!

Jika kalian sudah melihat tampilan di atas, kalian sudah berhasil membuat akun HIVE Blockchain kalian. Kalian sudah bisa mulai menjelajah ekosistem HIVE, mulai dari blogging atau forum di Hive.blog atau PeakD hingga bermain game di Splinterlands!

Namun, perlu kalian ingat, karena kalian membuat akun dengan gratis, kalian belum memiliki HIVE Power (HP), sehingga jumlah kegiatan kalian akan terbatas (sekitar 1 post, 2 comments dan 40 upvote dalam 24 jam). Untuk bisa berinteraksi lebih banyak kalian membutuhkan HIVE Power. Kalian bisa membeli HIVE dengan cryptocurrency lain atau mendapatkannya dari hasil kurasi user lain pada konten kalian.

Kabar baiknya, untuk kalian yang telah mengikuti tutorial ini, aku akan siap membantu kalian dengan mendelegasikan beberapa HIVE Power (HP) yang cukup untuk kalian bisa aktif dan mulai membangun platform kalian di HIVE Blockchain ini.

Silakan drop username kalian di kolom komentar di bawah atau kirim Memo atau komentar di salah satu Postinganku di HIVE yah! Temukan aku dengan mencari username ku: @evanstinger atau klik banner di bawah ini:

join hive revolution

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

18 + nineteen =